LEARNING MANAGEMENT SYSTEM – LMS SYSTEM

LEARNING MANAGEMENT SYSTEM – LMS SYSTEM

Banyak siswa saat ini menggunakan sistem manajemen pembelajaran, juga dikenal sebagai sistem LMS, untuk memberikan konten pendidikan. Penyebab utama dari ini adalah kondisi Covid-19. Moodle, Blackboard CourseSites, Schoology, Latitude Learning, Google Classroom, dan sistem LMS lainnya adalah beberapa contoh. Penggunaan sistem manajemen pembelajaran, juga dikenal sebagai LMS, umumnya dapat membantu siswa dalam menyediakan proses pembelajaran di mana mereka paling dibutuhkan.

Pengertian Learning Management System (LMS)

Secara teori Learning Management System (LMS) adalah sebuah perangkat lunak yang secara khusus dirancang untuk melakukan pembuatan, menyebarluaskan materi dan melakukan pengaturan terhadap konten pembelajaran.

Kelebihan dan Kekurangan Learning Management System (LMS)

Manfaat dari LMS adalah sebagai berikut:

  1. Siswa tidak perlu khawatir tentang tugas yang hilang karena guru menyediakan materi pada LMS yang dapat diakses siswa kapan saja dan di mana pun mereka pilih.
  2. Menghemat pengeluaran Siswa hanya memerlukan kuota data untuk mengakses materi, tidak perlu membeli banyak-banyak buku seperti kegiatan pembelajaran tersebut yang lalu.
  3. Lingkungan belajar lebih efektif dalam hal waktu dan tempat.
  4. Bahan pengajaran yang lebih inovatif dan beragam digunakan sehingga siswa kurang mungkin jatuh di belakang sistem pendidikan yang lebih tua karena mereka lebih kreatif.
  5. Membantu instruktur atau siswa dalam mengumpulkan data dan angka dari penugasan yang ada dalam Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS).

Kekurangan dari LMS adalah sebagai berikut

  1. Salah satu kekuatan LMS adalah terhubung ke infrastruktur internet. Belajar dengan LMS akan berjalan dengan cepat jika hanya layanan internet yang sudah stabil. Sayangnya, masih banyak daerah di Indonesia yang tidak memiliki akses internet. Akibatnya, beberapa wanita di daerah itu terlibat dalam kegiatan kelas yang berani.
  2. Pertukaran sosial antara guru dan siswa akan meningkat. Interaksi sosial harus terus bergerak maju dalam inisiatif belajar. Jarak kemungkinan besar akan menghalangi interaksi sosial yang ada.
  3. Berhati-hatilah terhadap dampak buruk pada kesehatan. Karena setiap usaha pendidikan menggunakan perangkat gawai, permukaan akan memancar lebih terus menerus. Setiap kegiatan belajar, akses materi, dan disiplin dilakukan di bagian bawah gawai.

Manfaat Learning Management System (LMS)

Manfaat apa saja yang didapat dari Learning Management System (LMS),yaitu

  1. Salah satu keuntungan dari sistem manajemen pembelajaran (LMS), khususnya, adalah bahwa kelas dapat diajarkan secara virtual.
  2. Akan menyediakan ajaran bagaiman dalam format macam-macam.
  3. Memberikan tugas dengan pilihan alternatif yang lebih baik.
  4. Melakukan analisis efisiensi pembelajaran siswa.
  5. Mengadakan diskusi dengan siswa.

Semoga kita semua mengambil manfaat dari LMS.

Daftar Pustaka

  1. https://indonesiancloud.com/mengenal-apa-itu-learning-management-system/
  2. https://campusdigital.id/artikel/kelebihan-dan-kekurangan-lms-learning-management-system?ref=farisfanani