Pelaksanaan Pendampingan Individu pada PGP Angkatan 9 oleh BGP Provinsi Jambi.
Oleh : Nenden Nurheni, S.Pd., M.Pd.I
Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan Episode Kelima dari Kebijakan Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk mewujudkan guru yang berdaya dan mampu memberdayakan. Program ini bertujuan memberikan bekal menjadi pemimpin pembelajaran sehingga dapat menumbuhkembangkan potensi murid dan secara aktif mengembangkan pendidik di sekitarnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.
Dalam upaya mengembangkan kepemimpinan pembelajaran, proses belajar dalam PGP didesain dengan pendekatan orang dewasa dan berbasis pengalaman. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pengembangan pengalaman guru maka diperlukan pembimbingan dalam bentuk pendampingan individu kepada Calon Guru Penggerak. Pendampingan individu adalah proses coaching dan mentoring Pengajar Praktik kepada Calon Guru Penggerak.
Pada tahun 2024 Program Pendidikan Guru Penggerak BGP Provinsi Jambi melanjutkan jadwal PGP Angkatan 9, dimulai dengan pelaksanaan Pendampingan Individu 4 yang dilaksanakan pada rentang tanggal 5 sd. 16 Februari 2024 di satuan Pendidikan Calon Guru Penggerak pada 11 kabupaten/kota sasaran PGP Angkatan 9.
Tema dari Pendampingan Individu 4 tentang Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran, dengan tujuan mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi; memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik dan merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.
Kegiatan Pendampingan Individu focus pada observasi praktek mengajar yang dilakukan CGP terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi, budaya positif dan pembelajaran sosial emosional. Pengajar Praktik melakukan penilaian observasi praktik pembelajaran. Kemudian Pengajar Praktik melakukan refleksi hasil dari observasi.
Sekolah Calon Guru Penggerak tersebar pada berbagai daerah pada sasaran PGP Angkatan 9 dan terdapat sekolah yang sangat jauh, namun tidak menyurutkan semangat Pengajar Praktik untuk melakukana Pendampingan Individu.