Rapat Kordinasi BP PAUD dan Dikmas Jambi Tahun 2019

        Pemerintah Daerah dalam Era Otonomi Daerah diberi keleluasan untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya. Dengan harapan dapat terjalin kerjasama yang harmonis  antara lembaga-lembaga yang turut bertanggungjawab terhadap keberhasilan program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat di antaranya BP-PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan, Sanggar kegiatan Belajar, PKBM sertta Forum dan kemitraan lainnya Penyelenggaraan program PAUD dan Dikmas bersifat flaksibel dalam menyediakan tempat dan waktu serta proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat  yang dilayani baik tingkat usia, tingkat pendidikan, dan kondisi sosial ekonomi, dengan sasaran program PAUD dan Dikmas BP-PAUD dan dikmas dituntut utk menyusun laporan target-target yang telah ditetapkan di dalam Perencanaan program. BP-PAUD harus dapat memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 dan menyiapkan   Program berikutnya yang lebih realistis dengan mempertimbangkan capaian program 2018 Melalui Rakor ini akan membantu untuk mewujutkan kepentingan  dimaksud.

Waktu kegiatan Rakor Pelaksanaan Program dan Kegiatan PAUD dan Dikmas Jambi  diselenggarakan selama 3 ( Tiga ) hari yaitu tanggal  27 s.d 29 Maret 2019,  Tempat Kegiata dilaksanakan di BW Luxury Hotel Jambi. Metode  pelaksanaan rapat kordinasi dilaksanakan dengan metode presentasi, tanya jawab dan diskusi dengan Pendekatan andragogi yaitu partisipasi aktif peserta rakor serta pendampingan dari nara sumber pusat

Pesrta rakor berjumlah 45 orang terdiri dari unsur:

  1. Kabid PAUD Dan Dikmas setiap Kabupaten/Kota           : 11 orang
  2. Kasi PAUD                                                                                : 11 orang
  3. Kasi Dikmas                                                                            : 11 orang
  4. Kepaka SKB                                                                             :   9 orang
  5. Himpaudi Provinsi Jambi                                                      :   1 orang
  6. Forum PengelolaLlembaga Kursus dan Pelatihan         :  1 orang
  7. Forum Komonikasi PKBM                                                     :   1 orang

Jumlah                                                                                      :  45 orang

Penyelenggaraan Rakor Pelaksanaan Program dan Kegiatan PAUD dan Dikmas Jambi ini bersumber dari DIPA PAUD dan Dikmas Jambi tahun 2019 Hasil Rakor Pelaksanaan Program dan Kegiatan PAUD dan Dikmas Jambi adalah:

  1. Tersosialisasinya Rencana Program BP-PAUD dan Dikmas Jambi Tahun 2019
  2. Adanya kesepakatan rencana dan alokasi pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas di setiap Kabupaten Kota
  3. Tersepakatinya rencana program dan jadwal pelaksanaan program tahun 2019 di setiap kabupaten kota
  4. Terwujudnya persamaan pendapat / persepsi mengenai peran masing-masing lembaga terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Informal
  5. Adanya kerjasama yang baik dalam merumuskan dan mengelola Pendidikan Anak Usia dan pendidikan masyarakat di lapangan.

Pelaksanaan Rakor Pelaksanaan Program dan Kegiatan PAUD dan Dikmas Jambi Tahun 2019  dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut :

  1. Mensosialisasikan Rencana Program BP-PAUD dan Dikmas Jambi Tahun 2019
  2. Menyepakati rencana dan alokasi pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas di setiap Kabupaten Kota
  3. Menyepakati rencana program dan jadwal pelaksanaan program tahun 2019 di setiap kabupaten kota
  4. Adanya persamaan pendapat / persepsi mengenai peran masing-masing lembaga terhadap Program Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat

Adanya kerjasama yang baik dalam merumuskan dan mengelola Pendidikan Anak Usia dan pendidikan masyarakat di lapangan. Nara sumber dalam Rapat kordinasi  ini terdiri dari unsur-unsur:

  1. Dirjen PAUD dan Dikmas
  2. Dinas Pendidikan Provinsi Jambi
  3. BP PAUD Dan dikmas Jambi
  4. BAN PAUD PNF
  5. Dinas Pendidikan Pendidikan Kabupaten Kota