Pengertian Numerasi

Apa Itu Numerasi ?

Pengertian Numerasi

Numerasi adalah kemampuan untuk menerapkan konsep bilangan dan keterampilan matematika dasar dalam kehidupan sehari-hari dan untuk menginterpretasikan informasi kuantitatif yang ada di sekitar kita. Singkatnya, numerasi juga melibatkan kemampuan untuk menerapkan konsep bilangan dan simbol dalam matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

Pentingnya Numerasi

Dalam kehidupan sehari-hari, numerasi sangat penting, seperti dalam memecahkan masalah, melakukan pemikiran kritis, dan memahami berbagai konteks non-matematis. Kemampuan numerik juga bermanfaat di luar sekolah, seperti dalam memecahkan masalah, melakukan pemikiran kritis, dan memahami berbagai konteks non-matematis. Menghitung, membaca data, mengambil kesimpulan, dan menganalisis argumen adalah keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam hidup yang dapat diawasi melalui keterampilan numerik.

Numerasi bukan hanya kemampuan berhitung dasar. Berpikir kritis dan logis tentang masalah yang melibatkan angka termasuk: memahami konsep matematika seperti perbandingan, pecahan, persentase, dan statistik; memahami data yang disajikan dalam berbagai bentuk, seperti grafik, tabel, dan diagram; dan menggunakan matematika dalam proses membuat keputusan, seperti membandingkan harga, menghitung anggaran, atau memahami risiko.

Numerasi sangat penting untuk semua orang, bukan hanya siswa atau orang yang bekerja di bidang matematika. Ini karena kemampuan ini dapat digunakan dalam banyak hal dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengelola keuangan pribadi, membaca dan memahami berita dan informasi di media, memperbaiki area rumah, memasak dan mengikuti resep, berbelanja dan membandingkan harga, dan membaca peta dan navigasi.

Berikut adalah beberapa contoh nyata bagaimana numerasi dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari: memutuskan apakah resep sudah waktunya digandakan untuk melayani lebih banyak tamu, membaca label nutrisi pada makanan untuk membuat pilihan yang sehat, mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengemudi berdasarkan kecepatan dan jarak, menghitung diskon dan pajak saat berbelanja, dan membaca grafik cuaca untuk memahami prakiraan.

Kesimpulan

Numerasi, meskipun sering dikaitkan dengan matematika, sebenarnya lebih dekat dengan keterampilan hidup yang penting daripada sekadar mata pelajaran akademis. Ini tentang membangun kemampuan untuk berpikir logis dan membuat keputusan yang cerdas dalam dunia yang penuh dengan angka.(boe2d)